Minggu, 19 Mei 2013

tips berpakaian ala 80 an

tips berpakain ala tahun 80an :

1. Pakaian. Baju-baju polo bergaris yang didominasi merk-merk Country Fiesta (CF) dengan model peraganya Chintya Rustam –tante dari artis Marshanda- dan Ahmad, merk Hammer dengan model peraganya Imanuel Susan Bachtiar & Danny Priatna, merk Osella dengan model peraganyanya Atalarik Syah Arik dan Ponco Buwono. Untuk Kemeja, mode kala itu adalah kemeja lengan pendek/lengan panjang dengan lengan digulung dan kerah dinaikkan, blazer dengan lengan digulung atau kemeja gombrang dengan 2 kancing teratas dilepas lengkap dengan kaos oblonk sebagai kaos dalamnya.

2. Celana. Celana tahun 80-an adalah bergaya baggy-belel dengan bagian bawah dilipat sebagai aksen mode kala itu. Merk-merk seperti Mambo dan Tira -dengan modelnya Wiwied- sangat diminati. Biasanya dikombinasikan dengan ikat pinggang warna ekspresif (merah, biru) dan rubber bracelets.

3. Sepatu. Genarasi remaja 80-an identik dengan model Sepatu Warior dengan ciri budaran di bagian mata kaki, sepatu model Big Boss ala Bruce Lee, sepatu merk Eagle -yang akhirnya dibajak dengan merk EGEL- , merk Kashogi -yang akhirnya dating menggeser dominasi Eagle- merk LA Gear (yang cukup fenomenal kala itu dengan harga 100 ribu ke atas kala itu, lebih mahal dari pada merk Adidas dan Nike). Jiwa kreatifitas anak muda terhadap mode kala itu cukup dinamis, dengan kreasi sepatu dengan tali besar berwarna fosfor mencolok hijau, biru muda dan orange atau warna kanan-kiri berbeda, kemudian sepatu model fantofel dengan bagian belakangnya diinjak untuk para remaja mahasiswa kala itu.

4. Rambut. Gaya model Punk Rock Ala Euis Dahlia, model Bob atau model Jambul Jabrik untuk cewek dan rambut model duran duran atau Deddy Dorres, dan Rambut kuncir kecil/buntut ala Lupus untuk yang cowok, akan selalu dijumpai dimanapun Anda melangkah ketika itu, mulai dari remaja kelas atas hingga abang-abang becak.

5. Aksesoris. Aksesoris tahun 80-an bisa dibilang sangat beragam mulai Jam tangan merk Pop Swatch, jam tangan merk G-Shock sampai jam tangan Model Robot/Kalkulator. Untuk anak-anak sekolah, aksesoris pulpen kilometriko, buku tulis kiky, buku tulis big boss, sapu tangan handuk warna-warni, stiker Panini, PIN New Kids On The Block (NKOTB)/Tommy Page atau segala barang yang berbau Fido Dido, cukup mendominasi. Dan tentu saja…foto Pak Harto dan Pak Umar Wirahadikumah di depan kelas!

12. Makanan. Era 80-an memang sangat fenomenal, sampai makanan pun akan terasa sangat 80-an ketika mengingatnya: Anak Mas, Permen Karet Yosan (penjualan sempat melonjak karena Cerpen Lupus karya Hilman Hariwijaya Booming di pasaran), wafer superman dan coklat koin emas yang hamper selalu ada di meja tamu saat lebaran tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar