TEORI DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS
1.1.TEORI
Teori (theory) adalah
kumpulan dari konsep, definisi, dan proposisi yang sistematis yang digunakan
untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena atau fakta. Kinney, Jr. (1986)
menyebutkan bahwa riset empiris melibatkan teori, hipotesis dan fakta. Teori
dan hipotesis merupakan dua hal yang berbeda tetapi berhubungan. Riset yang
bersifat pengujian (konfirmasi), teori digunakan untuk membangun hipotesis,
jadi hipotesis dibangun berdasarkan teori.
Hipotesis
berbeda dengan Proposisi
Menurut
Kinney, Jr. (1986) hipotesis (hypothesis) adalah prediksi
tentang fenomena. Proposisi (proposition) adalah pernyataan tentang
konsep yang dapat dinilai benar atau salah jika dihubungkan dengan fenomena
yang diobservasi. Proposisi dimaksudkan untuk tidak diuji kebenarannya. Jika
proposisi dimaksudkan untuk diuji dan dihubungkan dengan pengujian empiris maka
disebut dengan hipotesis.
Hipotesis
Tidak semua penelitian
menggunakan hipotesis. Hanya penelitian berupa pengujian hipotesis yang
menggunakan hipotesis (saintifik). Penelitian tipe eksploratori (natrualis)
tidak menggunakan hipotesis. Alasannya adalah pendekatan saintifik menggunakan
teori atau logika atau riset-riset sebelumnya untuk menguji fenomena yang ada,
sehingga hipotesis-hipotesisnya dapat diketahui di awal riset dan harus
dikembangkan. Pendekatan naturalis tidak menggunakan hipotesis karena yang
akan diteliti adalah sesuatu di bawah permukaan (misainya kultur) yang belum
tampak sebelum diobservasi dengan mendalam.
Manfaat
Hipotesis (Gulo,2001)
1. Memberikan
arahan bagi penelitian atau menjadi jelas apa yang diteliti
2. Mengidentifikasi
fakta yang relevan dan yang tidak relevan
P Hipotesis :
“Semakin tinggi tingkat pendapatan, semakin besar porsi pendapatan yang
ditabung”
P Siapa yang
akan diteliti...?
P Data apa
yang akan dikumpulkan...?
3. Mengarahkan
desain penelitian yang sesuai
P Hipotesis :
“Bagi calon konsumen, iklan yang disertai humor akan lebih lama diingat
daripada iklan tanpa humor”
P Siapa yang
akan diteliti...?
P Apa desain
penelitian yang cocok...?
4. Memberikan
kerangka untuk mengorganisasikan kesimpuln penelitian
Contoh
Proporsi
1. Strategi
pemasaran yang tepat akan meningkatkan penjualan perusahaaan
2. Kepribadian
seseorang akan mempengaruhi bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3. Semakin giat
perusahaan berpromosi, maka produknya akan semakin dikenal
4. Orang yang
berusia setengah baya akan lebih bijaksana daripada berusia remaja
5. Pendidikan
akan mempengaruhi kehidupan ekonomi suatu masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar