Kamis, 18 Agustus 2016

TEORI DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS

TEORI DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS


1.1.TEORI
Teori (theory) adalah kumpulan dari konsep, definisi, dan proposisi yang sistematis yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena atau fakta. Kinney, Jr. (1986) menyebutkan bahwa riset empiris melibatkan teori, hipotesis dan fakta. Teori dan hipotesis merupakan dua hal yang berbeda tetapi berhubungan. Riset yang bersifat peng­ujian (konfirmasi), teori digunakan untuk membangun hipotesis, jadi hipotesis dibangun berdasarkan teori.

Hipotesis berbeda dengan Proposisi
Menurut Kinney, Jr. (1986) hipotesis (hypothesis) adalah prediksi tentang fenomena. Proposisi (proposition) adalah pernyataan tentang konsep yang dapat dinilai benar atau salah jika dihubungkan dengan fenomena yang diobser­vasi. Proposisi dimaksudkan untuk tidak diuji kebenarannya. Jika proposisi dimaksudkan untuk diuji dan dihubungkan dengan pengujian empiris maka disebut dengan hipotesis.

  Hipotesis
Tidak semua penelitian menggunakan hipotesis. Hanya penelitian berupa pengujian hipotesis yang menggunakan hipotesis (saintifik). Penelitian tipe eksploratori (natrualis) tidak menggunakan hipotesis. Alasan­nya adalah pendekatan saintifik menggunakan teori atau logika atau riset-riset sebelumnya untuk menguji feno­mena yang ada, sehingga hipotesis-hipotesisnya dapat diketahui di awal riset dan harus dikembangkan. Pende­katan naturalis tidak menggunakan hipotesis karena yang akan diteliti adalah sesuatu di bawah permukaan (misainya kultur) yang belum tampak sebelum diobservasi dengan mendalam.

  Manfaat Hipotesis (Gulo,2001)
1.    Memberikan arahan bagi penelitian atau menjadi jelas apa yang diteliti
2.    Mengidentifikasi fakta yang relevan dan yang tidak relevan
P Hipotesis : “Semakin tinggi tingkat pendapatan, semakin besar porsi pendapatan yang ditabung”
P Siapa yang akan diteliti...?
P Data apa yang akan dikumpulkan...?
3.    Mengarahkan desain penelitian yang sesuai
P Hipotesis : “Bagi calon konsumen, iklan yang disertai humor akan lebih lama diingat daripada iklan tanpa humor”
P Siapa yang akan diteliti...?
P Apa desain penelitian yang cocok...?
4.    Memberikan kerangka untuk mengorganisasikan kesimpuln penelitian

 Contoh Proporsi
1.    Strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan penjualan perusahaaan
2.    Kepribadian seseorang akan mempengaruhi bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.    Semakin giat perusahaan berpromosi, maka produknya akan semakin dikenal
4.    Orang yang berusia setengah baya akan lebih bijaksana daripada berusia remaja
5.    Pendidikan akan mempengaruhi kehidupan ekonomi suatu masyarakat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar