Minggu, 03 Agustus 2014

Spa and Massage (teknik)



Spa and Massage

Bahasa Latin: Solus Per Aqua ( Solus = perawatan, per = dengan, aqua = air )SPA juga merupakan nama sebuah kota kecil di Belgia yang memiliki sumber mata air mineral yang berkhasiat untuk perawatan dan kesehatan tubuh dengan cara mandi berendam.
Di hampir setiap peradaban dan belahan bumi pasti ada kebiasaan mandi berendam dan perawatan menggunakan air. Kegiatan perawatan kebugaran tubuh dengan cara mandi berendam ini sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu. Yang sangat terkenal misalnya, dari masa peradaban jaman Mesir Kuno, dengan adanya kebiasan raja dan ratu mandi berendam di air bunga, rempah hingga mandi susu ala Ratu Cleapatra.
Di Eropa, SPA biasanya dihubungkan dengan perawatan menggunakan air mineral dari sumber mata air alami. Banyak negara eropa yang memiliki pusat kebugaran dan perawatan menggunakan air mineral dan dikenal dengan SPA. Sebut saja misalnya di Turki, terkenal dengan nama Turkish Bath. Di Jerman dikenal dengan nama "Kurhaus".
Di Asia, berbagai bangsa dan budaya memiliki ritual dan tatacara mandi, mulai dari China, Jepang hingga Indonesia. Di Jawa, kaum bangsawan dan Raja-Ratu memiliki tradisi mandi berendam bunga dan rempah. Mereka percaya pada ungkapan Jawa Kuno "Rupa Sampat Wahya Bhiantara" yakni : keseimbangan antara yang nampak oleh mata dan yang terletak di dalam jiwa serta pikiran.
Sejak beberapa tahun terakhir, perawatan kebugaran di Spa menjadi trend dan merebak di banyak negara. Hampir setiap hotel berbintang melengkapi diri dengan fasilitas Spa yang pada prinsipnya menyediakan berbagai perawatan
holistik secara natural yang dikemas untuk kenyamanan dan kebutuhan klien. Jadi, SPA adalah suatu tempat perawatan alternatif yang menawarkan berbagai jenis perawatan untuk menyeimbangkan kehidupan manusia dari 3 dimensi ( tubuh, pikiran, perasaan ) melalui enam indra ( mata, hidung, telinga, lidah, kulit, otot )

Massage dan Tekniknya
I.Pengertian massage
Massage tubuh dengan cara manual adalah salah satu cara perawatan tubuh  dengan menggunakan kedua tangan pada bagian telapak tangan maupun jari-jari tangan.  Massage yang berate penekanan secara pelan. Dan di Indonesia lebih dikenal dengan istilah pijat.  Yang pada awalnya massage bertujuan sebagai theurapetic tubuh yang akhirnya berkembang untuk lebih mencapai kecantikan tubuh.

II. Manfaat massage
Yang paling utama dari manfaat massage adalah memperlancar peredaran darah dan getah bening. Dimana massage akan membantu memperlancar metabolism dalam tubuh.  Treatment  massage  akan mempengaruhi kontraksi dinding kapiler sehingga terjadi keadaan vasodilatasi atau melebarnya pembuluh darah kapiler dan pembuluh getah bening. Aliran oksigen dalam darah meningkat, pembuangan sisa-sisa metabolic semakin lancar sehingga memacu hormone endorphin yang berfungsi memberikan rasa nyaman. Selain hal tersebut banyak sekali manfaat massage bagi peningkatan fungsi-fungsi fisiologis tubuh.

Efek kesembuhan secara holistikpun bisa didapatkan dari massage yaitu menimbulkan relaksasi pada pikiran, menghilangkan depresi dan perasaan panic dengan meluangkan sedikit waktu untuk melakukan kontak khusus yang ditimbulkan dari sentuhan massage

III. Macam-macam gerakan massage dan manfaatnya

Mengusap (Efflurage/strocking)
Adalah gerakan mengusap dengan menggunakan telapak tangan atau bantalan jari tangan. Gerakan ini dilakukan sesuai dengan peredaran darah menuju jantung maupun kelenjar-kelenjar getah bening. Manfaat gerakan ini adalah merelaksasi otot dan ujung-ujung syaraf.

    Meremas (Petrisage)
Adalah gerakan memijit atau meremas dengan menggunakan telapak tangan atau jari-jari tangan. Teknik ini digunakan pada area tubuh yang berlemak dan jaringan otot yang tebal.

    Friction
Adalah gerakan melingkar kecil-kecil dengan penekanan yang lebih dalam menggunakan jari atau ibu jari. Gerakan ini hanya digunakan pada area tubuh tertentu yang bertujuan untuk penyembuhan ketegangan otot akibat asam laktat yang berlebih.

    Menggetar (vibration)
Adalah gerakan menggetar yang ditimbulkan oleh pangkal lengan dengan menggunakan telapak tangan ataupun jari-jari tangan.

 Memukul (tapotement/ tapotage)
Adalah gerakan menepuk atau memukul dan bersifat merangsang jaringan otot, dilakukan dengan kedua tangan bergantian. Untuk memperoleh hentakan tangan yang ringan, tidak sakit pada klien tapi merangsang sesuai dengan tujuannya, maka diperlukan fleksibilitas pergelangan tangan. Tapotement tidak boleh dikenakan pada area yang bertulang menonjol ataupun pada otot yang tegang serta area yang terasa sakit atau nyeri.Variasi gerakan tapotement, yaitu :
1.     Memukul (beating)
2.    Mencincang (hacking)
3.    Menepuk (clapping)
Hal- hal yang harus diperhatikan dalam massage
Untuk mencapai hasil massage yang semaksimal mungkin sesuai tujuaan dan manfaatnya, serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap keselamatan klien maka perlu memperhatikan hal-hal berikut :
     Cek kontra indikasi seperti Tumor (bengkak), colour (hematoma/ memar), dolor (suhu panas tubuh), fraktur ,varises, awal kehamilan, penyakit kulit, jantung , diabetes, epilepsy (memerlukan nasehat dokter)
    Persyaratan therapist ; tidak boleh memelihara kuku jari panjang, tidak mengenakan perhiasan, kondisi sehat dan melaksanakan sanitasi, menjaga konsentrasi dan fleksibilitas tangan harus dikuasai selain pengetahuan-pengetahuan dasar yang berkaitan dengan massage. Sikap ramah dan penuh perhatian sebagai pelayan pada klien.

IV. Gerak ( movement ) dan Irama (rythme)

Gerak (movement) teknik massage
Untuk mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan massage maka harus dipahami dengan benar bagaimana seseorang melakukan gerakan gerakan dari tiap teknik gerakan sesuai dengan tujuan dan area tubuh yang dimassage.

          Irama (rythme)
Adalah interval antara gerakan ke gerakan dimana hal tersebut akan sangat mempengaruhi rangsangan pada bagian bagian tubuh yang dimassage maupun kenyamanan bagi klien itu sendiri. Massage yang baik adalah bila irama gerakan teratur, 
stabil serta tidak terlalu cepat ataupun lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar